Rabu, 10 Oktober 2012

Makanan Modern

Diposting oleh Erma Monica di 01.08
HAMBURGER
Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan beruparoti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada,tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saos tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju,asinan serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan Ham.



FRIED FRIES

Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.
Kentang goreng bisa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistikhamburgerfish and chips dancurrymust.


KEBAB
Kebab (kebapkababkebobkabobkibobkebhav, atau kephav) adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan Laut Tengah, masakan Kaukasus,masakan Asia Tengah, masakan Asia Selatan, dan masakan beberapa negara Afrika.
Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. Kebab daging babi dikenal dalam masakan Azerbaijan, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan negara bagian Goa di India.



PIZZA
Pizza adalah sejenis roti bundar, pipih yang dipanggang dioven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipakai biasanya mozzarella atau "keju pizza".


SPAGHETTI
Spaghetti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti alla Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parut.


SUSHI
Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak.Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cukaberas, garam, dan gula.
Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi. Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji  merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō  yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake. Penulisan sushi menggunakan huruf kanji yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).



TAKOYAKI
Takoyaki  nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.
Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.



TEMPURA
Tempura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dankuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda.
Tempura juga berarti cara menggoreng yang berbeda dengan furai (istilah bahasa Jepang untuk deep fry). Bahan makanan yang digoreng secara tempura dicelup ke dalam adonan tempura, sedangkan bahan makanan yang digoreng secara deep frydibungkus secara berurutan dengan tepung terigu, kocokan telur, dan tepung panir.



SOSIS
Sosis adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemakhewan, terna dan rempah, serta bahan-bahan lain. Sosis umumnya dibungkus dalam suatu pembungkus yang secara tradisional menggunakan usus hewan, tapi sekarang sering kali menggunakan bahan sintetis, serta diawetkan dengan suatu cara, misalnya dengan pengasapan. Pembuatan sosis merupakan suatu teknik produksi dan pengawetan makanan yang telah dilakukan sejak sangat lama. Di banyak negara, sosis merupakan topping populer untuk pizza. Sosis terdiri dari bermacam-macam tipe, ada sosis mentah dan juga sosis matang.


FRIED CHICKEN
Fied Chicken adalah ayam yang dibaluti dengan tepung. Fried Chicken ini dapat dimakan mengunakan nasi, ataupun menjadi camilan.

3 komentar:

News Page For Info . on 12 Oktober 2012 pukul 21.00 mengatakan...

coba jelasin gimana cara buat hamburgernya??

Erma Monica on 11 November 2012 pukul 22.57 mengatakan...

Bahan daging untuk burger:
1 kg daging giling
6 butir telur ayam, kocok lepas
25 gr sagu
125 gr tepung roti

Bumbu di haluskan:
10 siung bawang putih
5 gr lada halus
3 gr pala halus
2 gr garam
15 gr kaldu ayam buduk
Gula pasir
2 buah bawang bombay
15 siung bawang merah
Blue band secukupnya(untuk menumis)

Bumbu pelengkap:
20 buah burger bun/roti burger
1/4 buah kol, iris tipis
Saus tomat
Saus mayonais
Saus barbeque
1 buah mentimun
5 buah tomat, iris tipis
Keju parut

Cara membuat burger:
a. Siapkan teflon, panaskan margarin, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga layu dan harum selama +/- 5 menit, angkat, sisihkan
b. Siapkan wadah, campur semua bahan dan bumbu yang telah ditumis, aduk hingga rata, simpan dalam lemari es +/- 10 menit agar adonan tidak lengket
c. Setelah dingin keluarkan dari lemari es lalu cetak sesuai selera, kerjakan hingga selesai. Simpan dalam freezer hingga daging membeku.
d. Saat akan digunakan bakar terlebih dahulu dalam keadaan beku dengan menggunakan griller atau teflon selama +/- 3-4 menit sambil dibolak-balik agar matang merata dan oleskan saus barbeque secara merasa. Setelah daging matang angkat.

Penyelesaiannya:
1. Siapkan roti burger lalu belah menjadi 2, letakkan irisan kol putih atau kubis, irisan mentimun, irisan tomat merah dan bawang bombay, siram dengan mayonaise, saus tomat dan saus sambal.
2. Latakkan daging diatas tumpukan sayuran tadi lalu tambahkan parutan keju, tutup kembali dengan roti bagiang atasnya.

Kurang lebih untuk 20 buah


sumber :http://resepmasakanindonesia.idcc.info/resep-burger.htm

Erma Monica on 11 November 2012 pukul 22.58 mengatakan...

trimakasih untuk pertanyaan.nya yaa.. :)

Posting Komentar

 

Erma Monica Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting